Membuat dropdown list menu pada Ms Excel 2010

dropdown-list-option-menu-ms-excel-2010
Tips kali ini membuat dropdown list menu / option menu pada Ms. Excel 2010

Untuk Mempermudah pekerjaan kita terkadang kita menemukan suatu kondisi yang tak berubah, memilih satu option yang memang sudah ditentukan dan tidak dibenarkan jika tidak terisi atau blank/kosong. Pada Ms. Excel memungkinkan sebuah data validation berupa dropdown list menu. seperti terlihat pada gambar disamping.




Bagaimana cara membuatnya?
1.  Pilih Menu DATA
2. Klik data validation
3. pada tab validation area, option allow, pilih list
4. hilangkan centang pada ignore blank
5. masih pada validation area pada source, masukkan kondisi, anda dapat memasukkan secara manual atau melalui range data yang telah anda ketik sebelumnya; jika anda memasukkan secara manual pisahkan antar option menggunakan tanda titik koma misal JAKARTA;BEKASI;KARAWANG;PURWAKARTA. Jika anda telah mengetikkan nama-nama kota tersebut anda tinggal memasukkan range cellnya misalkan $B$1:$B$15.
6. Supaya lebih interaktif anda dapat menambahkan input message atau error alert, Jika user memasukkan/ memilih yang bukan kriteria dimaksud maka pesan kesalahan akan muncul, Misalnya pada tab error alert, style-nya misalnya anda pilih information, user akan menerima informasi jika user tidak memilih yang semestinya, anda juga dapat mengedit error message yang nanti akan disampaikan kepada user, jika terjadi kesalahan misalnya, "anda harus memilih kota, tekan no untuk menganti pilihan anda."
your ads here

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 . You can leave a response or trackback to this entry
Creative Commons License
Blog Article by Blogger Wuryantoro is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License . Based on a work at Membuat dropdown list menu pada Ms Excel 2010 . Permissions beyond the scope of this license may be available at http://infowuryantoro.blogspot.com/ .

comments for " Membuat dropdown list menu pada Ms Excel 2010 "

PING