Info Wisata Wonogiri Waduk Gajah Mungkur Hari Ini

Wisata WonogiriKabupaten Wonogiri kaya akan potensi obyek wisata alam. Mulai dari panorama alam pantai yang sangat indah, kawasan hutan lindung yang sejuk dan menyegarkan, pemandangan indah Waduk Serba Guna Gajah Mungkur Wonogiri, hingga goa-goa kawasan karst yang membentang luas di wilayah Wisata Wonogiri bagian barat hingga selatan.

 

Sekilas Waduk Gajah Mungkur

Wisata Waduk Gajah Mungkur yang terletak tiga kilometer di selatan ibu kota Kabupaten Wonogiri mulai dibangun pada akhir tahun 1970 dan dioperasikan sejak tahun 1978 Hingga Hari Ini. Luas waduk itu sekitar 8.800 hektar, yang meliputi tujuh kecamatan. Sumber air berasal dari lebih dari lima belas sungai.

Wisata Waduk Gajah MungkurDanau buatan tersebut dirancang untuk mengairi 23.000 hektar sawah. Wilayah pengairannya meliputi daerah-daerah di Kabupaten Sukoharjo, Klaten, Karanganyar, dan Sragen. PLTA waduk itu mampu menghasilkan daya 12,4 MW dan dirancang untuk beroperasi sampai 100 tahun.

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri berfungsi sebagai pengendali banjir. Bendungan tersebut mempunyai daya tampung 735 juta meter kubik air, namun kini sudah menyusut 250 juta meter kubik. (Prof. Ir. Sukandarrumidi, M.Sc, Ph.D.,Bencana Alam dan Bencana Anthropogene, hal 153)



Areal waduk Gajah Mungkur telah menjadi salah satu obyek wisata wonogiri terutama bagi mereka yang gemar memancing dan menyukai berbagai macam olahraga air, seperti jetski dan dayung.

Sebagai tempat tujuan wisata, Waduk Gajah Mungkur dilengkapi juga dengan restoran terapung yang menyajikan berbagai macam masakan tradisional khas Jawa tengah. Di taman rekreasi ini juga digelar berbagai kegiatan wisata budaya dan wisata olahraga air yang bertaraf nasional maupun internasional, seperti lari maraton, ganthole, paralayang, dayung, dan balap sepeda. Di waduk ini juga digelar upacara adat seperti Jamasan Pusaka Mangkunegaran I dan ruwatan massal. (Tri Maya Yulianingsih, Jelajah Wisata Nusantara, hal 205-206)

Demikian sedikit Info Wisata Wonogiri Waduk Gajah Mungkur Hari Ini Semoga Bermanfaat.


your ads here

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 . You can leave a response or trackback to this entry
Creative Commons License
Blog Article by Blogger Wuryantoro is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License . Based on a work at Info Wisata Wonogiri Waduk Gajah Mungkur Hari Ini . Permissions beyond the scope of this license may be available at http://infowuryantoro.blogspot.com/ .

comments for " Info Wisata Wonogiri Waduk Gajah Mungkur Hari Ini "

PING

PING  |  PING  |  PING