Pengertian Cerpen, Definisi Cerpen dan Unsur-unsur Intrinsik Cerpen

Pengertian Cerpen, Definisi Cerpen dan Unsur-unsur Intrinsik Cerpen; Cerita pendek (cerpen) adalah salah satu bentuk karya sastra yang ceritanya hanya menceritakan satu peristiwa dari seluruh kehidupan pelakunya.

Definisi Cerpen

Definisi Cerpen Menurut Hendy (1991; 184). cerpen adalah kisahan pendek yang mengandung kisahan tunggal.

Definisi Cerpen Menurut J. S. badudu (1975: 53) memberikan batasan cerpen dilihat dari peristiwa yang terjadi di dalamnya, la mengatakan bahwa cerpen adalah cerita yang menjurus dan konsentrasi berpusat pada satu peristiwa, yaitu peristiwa yang menumbuhkan peristiwa itu sendiri.

Definisi Cerpen Menurut Nugroho Notosusanto (dalam Tarigan, 1984: 176), membatasi cerpen berdasarkan jumlah kata. yakni panjangnya sekitar 5000 kata atau kira-kira 17 halaman kuarto spasi rangkap, yang berpusat dan lengkap pada dirinya sendiri.

Unsur-unsur Intrinsik Cerpen

  1. TemaTema adalah ide atau gagasan pokok yang menjadi persoalan dalam sebuah cerita.

  2. Plot atau alur, Plot atau alur adalah hubungan cerita dari awal sampai akhir secara runtut sehingga menimbulkan cerita yang runtut. Alur bisa berupa maju, mundur, atau maju mundur.

  3. Penokohan atau perwatakan, Penokohan adalah karakteristik watak pelaku dalam cerita tersebut. Cara penokohan dalam cerpen ada dua cara, yaitu: Penokohan secara langsung, yaitu watak tokoh-tokoh cerita itu disampaikan dengan cara menyebutkan wataknya. Penokohan secara tidak langsung, yaitu watak-watak tokoh dalam cerita itu disampaikan tidak secara terus terang, melainkan digambarkan dengan tindakan yang dilakukan tokoh tersebut dari cerita.

  4. Latar atau setting, Latar atau setting cerita meliputi: Latar tempat, yaitu tempat peristiwa itu terjadi, Latar waktu, yaitu kapan peristiwa itu terjadi, Latar suasana, yaitu suasana yang terjadi dalam cerita.

  5. Sudut pandang, Sudut pandang atau disebut juga point of view adalah cara pengarang menceritakan tokoh-tokohnya dalam suatu cerita.

  6. Diksi, Diksi atau gaya bahasa adalah cara pengarang menggunakan bahasa atau pilihan kata yang tepat, indah, dan mudah dipahami.

  7. Amanat atau pesan, Amanat adalah pesan moral yang disampaikan oleh pengarang kepada pembaca dalam cerita tersebut.


your ads here

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 . You can leave a response or trackback to this entry
Creative Commons License
Blog Article by Blogger Wuryantoro is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License . Based on a work at Pengertian Cerpen, Definisi Cerpen dan Unsur-unsur Intrinsik Cerpen . Permissions beyond the scope of this license may be available at http://infowuryantoro.blogspot.com/ .

comments for " Pengertian Cerpen, Definisi Cerpen dan Unsur-unsur Intrinsik Cerpen "

PING

PING  |  PING  |  PING