DBMS >> Pengertian Database

Banyak sekali para pakar dibidang ini memberikan definisi tentang database. Dari unsur katanya Database terdiri dari dua penggalan kata yaitu data dan base, dan dapat diartikan sebagai berbasiskan pada data. Namun pengertian database adalah sebuah koleksi atau kumpulan data yang saling berhubungan (relation), disusun menurut aturan tertentu secara logis, sehingga menghasilkan informasi. Sehingga sebuah informasi yang berdiri sendiri tidak dapat dikatakan sebagai database.

Sebagai Contoh: Nomor telpon seorang pelanggan, tersimpan dalam banyak tempat apakah itu di file pelanggan, di file alamat dan di lokasi yang lain. Antara file yang satu dengan file yang lainnya tidak saling berhubungan, sehingga apabila salah seorang pelanggan berganti nomor telpon dan Anda hanya mengganti di file pelanggan saja, akibatnya akan terjadi ketidakcocokan data, karena di lokasi yang lain masih tersimpan data nomor telpon yang lama.

Dalam sistem database hal ini tidak boleh dan tidak bisa terjadi, karena antara file yang satu dengan file yang lain saling berhubungan. Jika suatu data yang sama Anda ubah, data tersebut di file yang lain akan otomatis berubah juga. Sehingga tingkat keakuratan/kebenaran data sangat tinggi.

Secara prinsip, dalam suatu database tercakup dua komponen penting, yaitu Data dan Informasi. Jadi tujuan akhir Anda adalah bagaimana mengelola data sehingga mampu menjadi informasi yang diinginkan dan dapat dilakukan proses pengambilan, penghapusan, pengeditan terhadap data secara mudah dan cepat (Efektif, Efisien dan Akurat)

Data adalah fakta, baik berupa sebuah objek, orang dan lain-lain yang dapat dinyatakan dengan suatu nilai tertentu (angka, simbol, karakter tertentu, dll). Sedangkan informasi adalah data yang telah diolah sehingga bernilai guna dan dapat dijadikan bahan dalam pengambilan keputusan.

Hubungan data dan informasi dapat digambarkan sebagai berikut:

Data -----> Proses -----> Informasi


Banyak sekali contoh database yang ada disekeliling Anda. Tanpa disadari ternyata Anda telah menggunakan manfaat dari database itu sendiri. Misalnya ATM tempat Anda mengambil dan transfer uang yang dapat dilakukan di mana saja, membayar rekening telpon atau PDAM yang dapat dilakukan di berbagai tempat, registrasi akademik di kampus dan lain sebagainya. Semua itu telah dibuat secara database.

(Yuhefizar, Dbase Management Menggunakan Ms Access 2003, 2)

Basis adalah tempat atau ruangan untuk berkumpul. Data adalah fakta atau kejadian dunia nyata yang mengandung suatu arti yang bisa berupa simbol-simbol, gambar-gambar, atau kata-kata. Jadi, pengertian basis data atau Database adalah representasi kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama-sama dan tanpa pengulangan yang tidak perlu untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Data perlu disimpan, diolah, dan diorganisasikan di dalam database sedemikian sehingga informasi yang dihasilkan berkualitas dan efisien dalam penyimpanan data. Pengorganisasian data seperti ini dinamakan Datábase Management System (DBMS).

Data yang dikelompokkan dan diorganisasikan disimpan sesuai dengan fungsi dan jenisnya. Hal ini berguna untuk mempermudah pencarian data apabila suatu saat data tersebut diperlukan. DBMS membuat penyimpanan data lebih efisien.  DBMS memungkinkan sebuah berkas digunakan oleh satu atau lebih aplikasi.

(Lia Kuswayanto, Mahir dan Terampil Berkomputer, 104)

your ads here

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 . You can leave a response or trackback to this entry
Creative Commons License
Blog Article by Blogger Wuryantoro is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License . Based on a work at DBMS >> Pengertian Database . Permissions beyond the scope of this license may be available at http://infowuryantoro.blogspot.com/ .

comments for " DBMS >> Pengertian Database "

PING