Pengertian Karakter

Pengertian dan Definisi Karakter

Istilah karakter dapat menunjukkan terhadap dua kondisi yang berlawanan, yaitu menunjuk kepada karakter baik (positif) dan karakter buruk(negatif). Meskipun kenyataannya orang dikatakan berkarakter jika dia mampu menjalankan nilai-nilai kebaikan dalam tingkah lakunya, sebaliknya orang berkarakter buruk jika dalam perilakunya menjalankan hal-hal buruk seperti tidak amanah, tidak bertanggung jawab, egois dll.

Dengan demikian pengertian dan definisi karakter atau yang dimaksud dengan karakter adalah budi budi pekerti yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling) dan tindakan (action). Untuk itu terdapat karakter standar universal/umum yang berlaku secara umum yang dikaitkan dengan syarat keberhasilan, meliputi kepercayaan, kejujuran, keadilan, tanggung jawab, keterbukaan dsb. Sifat-sifat tersebut seperti memiliki daya tarik magnet untuk diidamkan dan dimiliki. Tidak heran sifat-sifat tersebut sering menjadi moto dan budaya organisasi yang dikembangkan.

Banyak tokoh yang menggarisbawahi pentingnya pendidikan karakter dan moral. antara lain :
  1. Mahatma Gandhi menyatakan salah satu dosa fatal adalah "education without character" (pendidikan tanpa karakter).
  2. Dr. Martin Luther King menyatakan "intelligence plus charaeter thatis the goal of the true education" (kecerdasan plus karakter adalah tujuan akhir pendidikan sebenarnya).
  3. Theodore Roosevelt berpendapat, "to education person in mindandnotin moralsis to educate a menace to society" (mendidik seseorang dalam aspek kecerdasan otak dan bukan moral adalah ancaman mara bahaya kepada masyarakat).
  4. Prof. Dr (HC).Ir. R. Roosseno dalam setiap sambutan dan pidatonya kerap mengingatkan bangsa Indonesia khususnya generasi muda, yakni dibutuhkannya "moralee herbewapening" (kesiapsiagaan moral) dalam berprofesi, hal ini dikaitkan dengan kondisi kemajuan ekonomi, teknik yang sangat cepat membawa side effect yang sering tak menguntungkan moral (narkoba, korupsi, ketidakjujuran). Hal tersebut harus dibendung dengan mempersenjatai diri sendiri dengan paham - paham dan karakter yang positif.
your ads here

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 . You can leave a response or trackback to this entry
Creative Commons License
Blog Article by Blogger Wuryantoro is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License . Based on a work at Pengertian Karakter . Permissions beyond the scope of this license may be available at http://infowuryantoro.blogspot.com/ .

comments for " Pengertian Karakter "

PING

PING  |  PING  |  PING