Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Pengertian Sistem Informasi

Untuk dapat memahami pengertian sistem informasi, harus dilihat keterkaitan antara data dan informasi sebagai entitas penting pembentuk sistem informasi. Data adalah nilai, keadaan, atau sifat yang berdiri sendiri lepas dari konteks apapun. Sementara definisi data menurut Mc. Leod(1995) data dari sudut ilmu sistem informasi, Data adalah fakta yang disajikan.

Definisi informasi seperti telah saya tulis pada artikel sebelumnya tentang pengertian informasi bahwa informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendatang (Davis, 1995). Mc Leod (1995) mengatakan bahwa informasi adalah data yang telah diproses, atau data yang memiliki arti.

Dengan demikian pengertian sistem informasi adalah suatu alat untuk menyajikan informasi dengan cara sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya (Kertahadi, 1995). Tujuannya adalah untuk menyajikan informasi guna pengambilan keputusan pada perencanaan, pemrakarsaan, pengorganisasian, pengendalian kegiatan operasi subsistem suatu perusahaan, dan menyajikan sinergi organisasi pada proses (Murdick dan Ross, 1993). Dengan demikian, sistem informasi berdasarkan konsep (input, processing, ourput - IPO).

Definisi Sistem Informasi Manajemen

Untuk dapat mendefinisikan Sistem Informasi Manajemen, karakteristik berikut harus diingat:
  1. Sistem Informasi Manajemen dimaksudkan untuk menyediakan informasi dari data setelah pengolahan data. Sistem informasi tidak menghasilkan data. Data yang dihasilkan, dikumpulkan, direkam, disimpan, diproses dan diambil setelah dihasilkan oleh operasi bisnis dalam suatu organisasi.
  2. Sistem Informasi Manajemen dirancang untuk posisi pekerjaan bukan untuk individu. Terlepas dari siapa individu itu yang memegang posisi pekerjaan, Sistem Informasi Manajemen dirancang dengan mengingat tanggung jawab pekerjaan bahwa individu seharusnya melakukan dan tergantung pada kebutuhan informasi dari individu dalam suatu hirarki organisasi.
  3. Sistem Informasi Manajemen yang dirancang untuk berbagai tingkat manajemen dan harus dapat memenuhi kebutuhan informasi dari para pengambil keputusan di tingkat atas, menengah dan level bawah manajemen.
  4. Sistem Informasi Manajemen dirancang untuk memberikan informasi kepada para manajer di bidang pemasaran, keuangan, produksi, personalia, material, logistik, dll

Dapat diambil Sebuah kesimpulan, Pengertian Sistem Informasi Manajemen didefinisikan sebagai suatu sistem yang:
  1. memberikan informasi untuk mendukung fungsi manajerial seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian.
  2. mengumpulkan informasi secara sistematis dan kontinyu.
  3. termasuk file, perangkat keras, perangkat lunak dan model riset operasi pengolahan, penyimpanan, pengambilan dan pengiriman informasi kepada pengguna.

Tujuan Sebuah Sistem Informasi Manajemen yang efektif memiliki tujuan sebagai berikut:
  1. Memfasilitasi proses keputusan-keputusan dari penyediaan informasi dalam kerangka waktu yang tepat. Hal ini membantu pembuat keputusan untuk memilih tindakan yang terbaik.
  2. Memberikan informasi yang diperlukan pada setiap tingkat manajemen untuk melaksanakan fungsinya.
  3. Bantuan dalam menyoroti faktor penting untuk dimonitor.
  4. Dukungan pengambilan keputusan di lingkungan organisasi baik masalah terstruktur dan tidak terstruktur.
  5. Menyediakan sistem, orang, komputer, prosedur, fasilitas query interaktif, dokumen untuk diarsipkan, menyimpan informasi, mengambil dan mengirimkan kepada pengguna.

Sistem Informasi Manajemen berorientasi dan dirancang untuk bekerja dari tingkat atas ke bawah. Ini tidak berarti bahwa sistem ini dirancang untuk memberikan informasi langsung kepada manajemen puncak. Tingkat lain dari manajemen juga disediakan dengan informasi yang relevan. Sebagai contoh, dalam sistem informasi pemasaran, kegiatan seperti order dan penjualan. (S.R Singh, Information System Management : 2007)


your ads here

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 . You can leave a response or trackback to this entry
Creative Commons License
Blog Article by Blogger Wuryantoro is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License . Based on a work at Pengertian Sistem Informasi Manajemen . Permissions beyond the scope of this license may be available at http://infowuryantoro.blogspot.com/ .

comments for " Pengertian Sistem Informasi Manajemen "

PING

PING  |  PING  |  PING