PERUSAHAAN ::: Jenis - Jenis Usaha

Banyak sekali macam-macam usaha kita temui di lingkungan sekitar kita ? Tetapi apakah saat ini anda telah memahami tentang klasifikasi atau jenis-jenis usaha itu sendiri? Jelas berbeda antara jenis-jenis usaha dengan jenis-jenis jerawat ya !!!. Pada prinsipnya jenis-jenis usaha itu dapat dikelompokkan menjadi tiga macam usaha, yaitu (1) perusahaan dalam bidang perdagangan/distribusi, (2) perusahaan dalam bidang produksi/industri, dan (3) perusahaan dalam bidang jasa komersial.

Jenis usaha perdagangan/distribusi

Jenis usaha ini merupakan usaha yang terutama bergerak dalam kegiatan memindahkan barang dari produsen ke konsumen atau dari tempat yang mempunyai kelebihan persediaan ke tempat yang membutuhkan. Jenis usaha perdagangan/distribusi, di antaranya bergerak di bidang pertokoan, warung, rumah makan, agen (filial), penyalur (whole saler), pedagang perantara, dan tengkulak. Komisioner dan makelar dapat juga dimasukkan dalam kegiatan perdagangan karena kegiatannya dalam jual-beli barang.

Jenis usaha produksi/industri

Usaha produksi/industri adalah jenis usaha yang terutama bergerak dalam kegiatan proses pengubahan suatu bahan/barang menjadi bahan/barang lain yang berbeda bentuk atau sifatnya dan mempunyai nilai tambah. Kegiatan ini dapat berupa produksi/industri pangan, pakaian, peralatan rumah tangga, kerajinan, bahan bangunan, dan sebagainya. Kegiatan budi daya di sektor pertanian/perikanan/peternakan/ perkebunan, dan kegiatan penangkapan ikan termasuk jenis usaha produksi. Usaha pengolahan hasil pertanian, peternakan, dan perikanan juga termasuk di dalam jenis usaha ini.

Jenis usaha jasa komersial

Usaha jasa komersial merupakan usaha yang bergerak dalam kegiatan pelayanan atau menjual jasa sebagai kegiatan utamanya. Contoh jenis usaha ini, di antaranya asuransi, bank, konsultan, biro perjalanan pariwisata, pengiriman barang (ekspedisi), bengkel, salon kecantikan, penginapan, dan gedung bioskop. Praktik dokter dan perencanaan bangunan juga termasuk dalam jenis usaha ini.

Tahapan Proses Pemilihan Jenis Usaha

Adapun tahapan dalam pemilihan jenis usaha menurut Dr. Ir. Singgih Wibowo, M.S. dalam bukunya Petunjuk Mendirikan Perusahaan Kecil adalah sebagai berikut :
  1. Menghubungi rekan untuk mendapatkan informasi tentang jenis barang atau jasa yang dibutuhkan dan jumlah yang telah dipenuhi. Jika belum terpenuhi, mencari cara untuk memenuhinya. Usahakan agar mengidentifikasinya secara jelas.

  2. Mencari informasi tentang jenis barang/jasa yang dibutuhkan,tetapi belum tersedia di pasaran

  3. Membuat beberapa pilihan jenis usaha yang mungkin dapat dilaksanakan.

  4. Mengelompokkan pilihan-pilihan jenis usaha tersebut menurut kegiatannya

  5. Menyingkirkan pilihan yang tidak sesuai dengan keinginan tanpa melibatkan perasaan dan mengesampingkan pendapat sanak keluarga yang mungkin mengganggu.

  6. Menyingkirkan jenis usaha yang tidak menghadapkan masalah serta tidak menjanjikan kesempatan dan imbalan finansial atau sesuatu yang iain yang ingin diperoleh.

  7. Membicarakan kemungkinan usaha yang direncanakan dengan pihak lain, seperti pengusaha yang bergerak di berbagai jenis usaha, pejabat pemerintah, atau pemuka masyarakat.

  8. Menyeleksi dengan seksama dan cermat semua jenis usaha yang lolos penyaringan dengan menggunakan faktor pertimbangan secara objektif dan rasional serta sesuai dengan kemampuan yang ada.


Setelah pilihan bentuk usaha ditentukan, dilakukan studi kelayakan yang meliputi aspek pasar dan pemasaran, teknis dan teknologi, manajemen operasional, ekonomi dan keuangan, serta aspek hukum terhadap jenis - jenis usaha tersebut.


your ads here

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 . You can leave a response or trackback to this entry
Creative Commons License
Blog Article by Blogger Wuryantoro is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License . Based on a work at PERUSAHAAN ::: Jenis - Jenis Usaha . Permissions beyond the scope of this license may be available at http://infowuryantoro.blogspot.com/ .

comments for " PERUSAHAAN ::: Jenis - Jenis Usaha "

PING