VITAMIN :: Fungsi Manfaat dan Pengertian Vitamin

Pengertian Vitamin

Sebelum membahas lebih jauh tentang fungsi vitamin ada baiknya perlu kita ketahui apa yang dimaksud dengan vitamin itu sendiri. Pada dasarnya Berdasarkan struktur dan fungsinya zat gizi dapat digolongkan menjadi enam macam yaitu karbohidrat, lemak, protein, mineral, air dan vitamin itu sendiri. Sedangkan pengertian gizi adalah menurut Prawiranegara (dalam Winarno, 1997) gizi berasal dari bahasa Arab yakni "Al-gizai". Yang dimaksud gizi adalah "makanan" atau "sari makanan" yang bermanfaat untuk kesehatan.

Pengertian Gizi secara teknis adalah pemberian makanan kepada seluruh sel-sel dan jaringan dalam tubuh, sehingga memungkinkan tubuh menjadi kuat. Kandungan gizi dalam makanan menentukan nilai dan mutu bahan makanan itu sendiri. Zat gizi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi setiap hari terdiri atas karbohidrat, lemak, protein, vitamin, meneral termasuk air. Setiap jenis zat gizi tersebut mempunyai fungsi masing-masing untuk proses metabolisme dalam tubuh. Sehingga berakibat buruk jika kekurangan atau kelebihan zat gizi.

Pengertian Vitamin, nama Vitamin berasal dari bahasa latin vitamine. Senyawa ini pertama kali digunakan bagi mikronutrien organik spesifik yang dibutuhkan untuk mencegah penyakit kekurangan gizi seperti beri-beri. Dalam sejarahnya senyawa ini untuk pertama kali dimurnikan oleh Funk. Senyawa ini mempunyai sifat-sifat suatu amine, maka ia menyebutnya dengan "vitamine" yang dapat diartikan sebagai amine yang esensial bagi kehidupan. Setelah sejumlah mikronutrien organik esensial lainnya ditemukan, huruf  "e" dihilangkan dari kata "vitamine" karena didapati bahwa tidak semua vitamin merupakan amin.

Berdasarkan pelarutnya vitamin dapat dibedakan atas dua golongan yaitu:
  1. Vitamin yang larut dalam air meliputi tiamin (vitamin B1), riboflain (vitamin B2), asam nikotinat, asam pantotenat, piridoksin (vitamin B6), biotin, asam folat (vitamin B12) dan asam askorbat (vitamin C).

  2. Vitamin yang larut dalam lemak, misalnya A, D, E dan K.

Fungsi Vitamin


Adapun beberapa fungsi vitamin dan manfaat vitamin adalah sebagai berikut :
  1. Manfaat Vitamin, vitamin berperan dalam pertumbuhan dan pembentukan tulang,

  2. Fungsi Vitamin, vitamin untuk pembentukan jaringan-jaringan tertentu dan daya tahan terhadap penyakit,

  3. Manfaat Vitamin, vitamin untuk pembentukan butir-butir darah merah,

  4. Fungsi Vitamin, vitamin untuk pembentukan darah,

  5. Manfaat Vitamin, vitamin sebagai komponen koenzim yang penting untuk berbagai proses metebolisme tubuh. Koenzim adalah substansi non protein yang dibutuhkan oleh protein untuk aktivitas biologi.

Demikian artikel tentang pengertian vitamin dan fungsi vitamin, mohon maaf jika cara kami berfungsi komunikasi kurang berkenan.

Informasi Sumber : Jurnal Ilmiah tentang Studi Asupan Gizi dengan Tingkat Kesembuhan Penderita Diabetes Melitus Tipe II, Sunarto Kadir, Dosen Kesmas FIKK UNG


your ads here

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 . You can leave a response or trackback to this entry
Creative Commons License
Blog Article by Blogger Wuryantoro is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License . Based on a work at VITAMIN :: Fungsi Manfaat dan Pengertian Vitamin . Permissions beyond the scope of this license may be available at http://infowuryantoro.blogspot.com/ .

comments for " VITAMIN :: Fungsi Manfaat dan Pengertian Vitamin "

PING

PING  |  PING  |  PING