SYIAH ::: Perbedaan Muslim Syiah dan Sunni

Sebuah pertanyaan yang selalu terdengar di telinga kita ketika membahas perbedaan antara muslim Syiah dan Muslim Sunni, kemudian Apa Perbedaan Antara Syiah dan Muslim sunni?

Baik Sunni dan Muslim Syiah perbedaan paling mendasar yaitu keyakinan Islam dan tentang iman. Perbedaan antara dua kelompok utama dalam Islam awalnya berasal bukan dari perbedaan spiritual, tapi perbedaan yang politis. Selama berabad-abad, tapi, perbedaan-perbedaan politik telah melahirkan sejumlah praktek bervariasi sehingga membawa kedalam makna spiritual.

Setelah kematian Nabi Muhammad, kemudian timbul pertanyaan tentang siapa yang harus mengambil alih kepemimpinan bangsa Muslim. Muslim Sunni setuju dengan posisi yang diambil alih oleh sahabat Nabi, bahwa pemimpin baru harus dipilih dari mereka sahabat nabi yang mampu melakukan pekerjaan. Abu Bakr, menjadi khalifah pertama negara Islam. Kata "Sunni" dalam bahasa Arab berasal dari kata yang berarti "orang yang mengikuti tradisi Nabi."

Di sisi lain, beberapa Muslim berbagi keyakinan bahwa kepemimpinan harus dari dalam keluarga nabi sendiri, di antara mereka secara khusus ditunjuk olehnya, atau di antara Imam ditunjuk oleh Allah sendiri.

Kaum Muslim Syiah percaya bahwa setelah kematian Nabi Muhammad, kepemimpinan seharusnya dikirimkan secara langsung ke sepupunya, Ali bin Abu Thalib . Sepanjang sejarah, Muslim Syiah tidak mengakui otoritas pemimpin Muslim terpilih, bukannya memilih untuk mengikuti garis Imam yang mereka percaya telah ditunjuk oleh Nabi Muhammad atau Tuhan sendiri. Kata "Syiah" dalam bahasa Arab berarti kelompok atau partai mendukung orang. Istilah yang umum dikenal dipersingkat dari sejarah "Syiah-t-Ali," atau "Partai Ali." Mereka juga dikenal sebagai pengikut "Ahl-al-Bayt" atau "Orang Rumah Tangga" (Nabi).

Distribusi

Muslim Sunni merupakan mayoritas (85%) dari umat Islam di seluruh dunia. Populasi yang signifikan dari Muslim Syiah dapat ditemukan di Iran dan Irak, dan masyarakat minoritas besar di Yaman, Bahrain, Suriah, dan Lebanon.

Perbedaan Praktek Ibadah

Dari awalnya hanya perbedaan kepemimpinan politik, sekarang beberapa aspek kehidupan spiritual telah dipengaruhi dan sekarang berbeda antara dua kelompok Muslim ini.

Penting untuk diingat bahwa meskipun perbedaan-perbedaan pendapat dan praktek, Syiah dan Sunni Muslim berbagi artikel utama keyakinan Islam dan dianggap oleh sebagian besar menjadi saudara-saudara dalam iman. Pada kenyataannya, kebanyakan Muslim tidak membedakan diri dengan mengklaim keanggotaan dalam kelompok tertentu, tetapi lebih memilih untuk menyebut diri mereka sederhana, "Muslim."

Kepemimpinan

Muslim Syiah percaya bahwa Imam tidak berdosa oleh alam, dan bahwa kekuasaannya adalah sempurna seperti itu datang langsung dari Allah. Oleh karena itu, Muslim Syiah sering menghormati Imam sebagai orang kudus dan melakukan ziarah ke makam dan kuil dengan harapan syafaat ilahi.

Muslim Sunni melawan bahwa tidak ada dasar dalam Islam untuk kelas istimewa turun-temurun dari pemimpin spiritual, dan tentu saja tidak ada dasar untuk pemujaan atau syafaat dari orang-orang kudus. Muslim Sunni berpendapat bahwa kepemimpinan masyarakat bukanlah hak kesulungan, tetapi kepercayaan yang diterima dan yang dapat diberikan atau diambil oleh masyarakat sendiri.

Praktek Ibadah

Muslim Syiah juga merasa permusuhan terhadap beberapa sahabat Nabi Muhammad, berdasarkan posisi dan tindakan mereka selama tahun-tahun awal perselisihan tentang kepemimpinan di masyarakat. Banyak dari sahabat ( Abu Bakar , Umar bin Al Khattab , Aisyah, dll) telah meriwayatkan hadis tentang kehidupan Nabi dan praktek spiritual. Muslim Syiah menolak tradisi-tradisi ( hadits ) dan tidak mendasarkan salah satu praktik keagamaan mereka pada kesaksian dari orang-orang ini. Hal ini tentu menimbulkan beberapa perbedaan dalam praktek keagamaan antara kedua kelompok. Perbedaan-perbedaan ini menyentuh semua aspek rinci kehidupan beragama: doa, puasa, haji, dll
your ads here

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 . You can leave a response or trackback to this entry
Creative Commons License
Blog Article by Blogger Wuryantoro is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License . Based on a work at SYIAH ::: Perbedaan Muslim Syiah dan Sunni . Permissions beyond the scope of this license may be available at http://infowuryantoro.blogspot.com/ .

comments for " SYIAH ::: Perbedaan Muslim Syiah dan Sunni "

PING

PING  |  PING  |  PING