MAKNA DEMOKRASI ::: Pengertian Demokrasi di Indonesia

Pengertian Demokrasi

Kita semua harus mengakui bahwa demokrasi di Indonesia adalah sistem pemerintahan yang sangat cocok untuk mengembangkan kehidupan berbangsa, bernegara yang berdaulat, bagi pengembangan bangsa dan negara Indonesia pada masa yang akan datang. Meskipun demokrasi adalah konsep yang datang dari negara-negara barat.

Sistem demokrasi adalah sistem yang memungkinkan masyarakat untuk menuntut diterapkannya prinsip-prinsip keadilan. Oleh karenanya pengertian demokrasi adalah sesuatu yang harus menyinggung kehidupan rakyat sehari-hari dalam segala hal. Mendirikan parlemen dan peralatan parlementer hanya merupakan satu langkah ke arah pembangunan demokrasi parlementer.

Sehingga prinsip sebuah demokrasi adalah pengakuan HAM. Atau dapat disebutkan bahwa demokrasi adalah "kekuasaan oleh rakyat", demokrasi adalah sebuah prosedur untuk mencapai tujuan dan kepentingan. Jadi pelaku utama demokrasi adalah rakyat yang tak bernama, orang per orang yang tak pernah dikutip koran dan media.

Demokrasi di Indonesia

Demokrasi juga sering disebut sebagai demokrasi pemerintahan dari rakyat untuk rakyat atau pemerintahan oleh mereka yang diperintah. Pola ini tidak hanya dipakai dalam negara atau sistem pemerintahan, tetapi juga dalam perkumpulan atau organisasi. Di Indonesia demokrasi yang digunakan adalah demokrasi pancasila.

Jadi pengertian demokrasi adalah sebuah sistem atau tatanan politik. Demokrasi di Indonesia adalah sistem politik yang menjamin HAM, sebab makna demokrasi adalah kekuasaan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Bagi sebagian kalangan definisi demokrasi adalah perjuangan untuk terus-menerus menegakkan keadilan bagi semua terutama bagi kalangan yang terpinggirkan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian demokrasi adalah kekuasaan di tangan rakyat. Definisi demokrasi juga diungkapkan oleh Abraham Lincoln seorang negarawan dari Amerika Serikat yang menyatakan bahwa demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat.
your ads here

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 . You can leave a response or trackback to this entry
Creative Commons License
Blog Article by Blogger Wuryantoro is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License . Based on a work at MAKNA DEMOKRASI ::: Pengertian Demokrasi di Indonesia . Permissions beyond the scope of this license may be available at http://infowuryantoro.blogspot.com/ .

comments for " MAKNA DEMOKRASI ::: Pengertian Demokrasi di Indonesia "

PING