PENELITIAN ::: Pengertian dan Alur Penelitian

Pengertian Penelitian

Penelitian adalah upaya-upaya untuk mencari jawaban dari suatu masalah dengan cara pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisis data secara sistematis. Pada prinsipnya dalam upaya menjawab suatu, penelitian menempuh cara-cara ilmiah dan rasional, bukan dengan cara-cara tradisional. Cara-cara tradisional antara lain coba-coba (trial and error), cara kekuasaan atau otoritas, berdasarkan pengalaman pribadi dan melalui jalan pikiran.

Cara-cara non ilmiah (tradisional), sekalipun dapat menyelesaikan suatu masalah dan atau menyusun jawaban terhadap suatu persoalan, tetapi jika ditinjau dari kaedah ilmu pengetahuan sering tidak memuaskan, karena dua syarat pokok ilmu pengetahuan yaitu prinsip rasionalitas dan empiris sering tidak terpenuhi.
 
Rasionalitas adalah suatu yang sesuai dengan logika dan akal sehat, sedang yang dimaksud empiris adalah beberapa kali diuji coba hasil yang diperolah sama. Cara penyelesaian dan ataupun jawaban yang diajukan oleh suatu penelitian adalah atas dasar pengkajian yang seksama terhadap suatu pokok persoalan yang dihadapi, yakni yang meliputi pekerjaan pengumpulan data, pengolahan, penyajian dan analisis data dari permasalahan yang ada.

Alur Penelitian

Alur penelitian adalah kronologi prosedural  yang dilakukan seorang peneliti dalam karya penelitiannya dan bukan sekedar urutan apa yang mesti dilalui. Alur penelitian lebih merupakan strukturisasi atau hubungan metodologik yang berkesinambungan.


your ads here

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 . You can leave a response or trackback to this entry
Creative Commons License
Blog Article by Blogger Wuryantoro is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License . Based on a work at PENELITIAN ::: Pengertian dan Alur Penelitian . Permissions beyond the scope of this license may be available at http://infowuryantoro.blogspot.com/ .

comments for " PENELITIAN ::: Pengertian dan Alur Penelitian "

PING

PING  |  PING  |  PING