Pengertian Administrasi Perkantoran Negara Pendidikan

Pada mulanya pengertian administrasi berasal dari bahasa Yunani "administrare" atau "administer" yang berarti menangani, mengendalikan atau mengelola suatu urusan baik rumah tangga, negara, pemerintahan atau perkantoran.

Ada banyak sekali definisi administrasi sehingga secara umum pengertian administrasi adalah atau dapat diartikan sebagai suatu kegiatan penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis bertujuan menyediakan keterangan dan memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam satu hubungan satu sama lain.

Definisi administrasi adalah kegiatan kerja sama yang dilakukan sekelompok orang berdasarkan pembagian kerja ditentukan dalam struktur dengan mendayagunakan sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Pengertian administrasi menurut P. Siagian (1983) menyebutkan administrasi adalah sebagai keseluruhan proses kerjasama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Pengertian administrasi perkantoran adalah ilmu yang berhubungan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian segala hal yang berhubungan dengan daur hidup data dan informasi bisnis dalam perusahaan.


Pengertian administrasi negara adalah proses penyelenggaraan kerja untuk mencapai suatu tujuan yang ditentukan oleh negara, hal ini seperti dinyatakan oleh phiffner john f dan presthus robert vance (1960) bahwa "public administration involves the implementation of public policy which has been outlined by representatif political bodies".

Banyak sekali para ahli yang mendefinisikan administrasi pendidikan, dan berikut adalah beberapa pendapat para ahli tentang definisi administrasi pendidikan.

Pengertian administrasi pendidikan menurut sutisna (1989:35) administrasi pendidikan adalah proses yang membuat sumber-sumber manusia dan materiil tersedia dan efektif bagi pencapaian tujuan pendidikan

Definisi administrasi pendidikan menurut Arikunto (1993:32) administrasi pendidikan adalah sebagai kegiatan pelayanan, menyesuaikan kegiatannya dengan tujuan setiap lembaga yang dilayani.

Administrasi pendidikan menurut Purwanto (1984:14) administrasi pendidikan adalah segenap proses pengerahan dan pengintegrasian segala sesuatu, baik personal, spiritual dan material yang bersangkutan dengan pencapaian tujuan pendidikan.

Administrasi pendidikan menurut Rivai (1982:25) administrasi pendidikan adalah serangkaian kegiatan yang berurutan dan beraturan dalam rangka memanfaatkan semua potensi, untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif.
your ads here

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 . You can leave a response or trackback to this entry
Creative Commons License
Blog Article by Blogger Wuryantoro is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License . Based on a work at Pengertian Administrasi Perkantoran Negara Pendidikan . Permissions beyond the scope of this license may be available at http://infowuryantoro.blogspot.com/ .

comments for " Pengertian Administrasi Perkantoran Negara Pendidikan "

PING

PING  |  PING  |  PING